Tentang Oriflame
Pada tahun 1967 dua
orang bersaudara, Jonas dan Robert af Jochnick, memutuskan untuk memulai
bisnis. Mereka masih muda, berambisi dan memiliki jiwa wirausaha dan mereka
mempunyai visi yang kuat. Mereka ingin menciptakan perusahaan kosmetika yang
menawarkan jenis kosmetika yang berbeda dari yang telah ada pada waktu itu:
salah satunya berbahan dasar alami. Mereka juga ingin memulai metode distribusi
produk yang baru yang inovatif, yaitu menjual produk yang dihasilkannya
langsung kepada pelanggan.
Mengetahui bahwa wanita
Swedia terkenal akan kecantikan alaminya, mereka berpikir : "Bagaimana jika
kita mengemasnya dalam botol ?" Maka mereka mulai memformulasikan produk
perawatan kulit berbahan dasar alami dari Skandinavia, seperti cloudberry,
birch bark, dan lainnya. Mereka mengembangkan formulasi yang aman, efektif,
serta dengan wewangian yang lembut. Seri perawatan kulit Oriflame Swedish Care
diluncurkan dalam waktu singkat. Saat ini, telah digunakan oleh jutaan orang di
seluruh dunia. Sejak awal, Oriflame merupakan pelopor "tidak diuji cobakan
pada hewan", jauh sebelum industri lain melakukan hal ini.
Sejalan dengan itu, af
Jochnick bersaudara mengembangkan dan memulai sebuah metode penjualan langsung
dimana Sales Consultant yang terlatih langsung membawa produk langsung ke rumah
pelanggan mereka. Orang senang untuk membeli produk kecantikan alami yang
langsung ditunjukkan kepada mereka oleh seorang teman yang telah mereka kenal
dan percaya. Para Consultant memberikan saran dan kesempatan untuk mencoba
produk sebelum membelinya. Jika pelanggan tidak puas, Oriflame menawarkan
garansi uang kembali. Pabrik Oriflame di Polandia
Perluasan wilayah
penjualan merupakan konsekwensi alami dari kesuksesan Oriflame di Swedia. Hanya
dalam waktu dua tahun, perusahaan berkembang ke Finlandia, Denmark dan
Norwegia, dan pada pertengahan tahun 80-an, Oriflame telah digunakan oleh
wanita di negara-negara yang sangat jauh seperti di Indonesia. Untuk memenuhi
permintaan, pabrik Oriflame yang pertama didirikan di Dublin, Irlandia pada
tahun 1978. Ini membuat perusahaan makin dapat fokus pada pengembangan
formulasi perawatan kulit, dan kosmetika yang terbukti efektif dan aman,
berbahan dasar alami.
Pembukaan cabang di
negara Eropa Timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi Oriflame untuk
menguasai pasar dengan kualitas produknya, harga yang terjangkau serta sistem
penjualannya yang unik. Pabrik kedua di Warsawa pun didirikan pada tahun 1995
untuk memenuhi permintaan yang meningkat secara drastis.
Tahun 90-an telah
menunjukkan perkembangan spektakuler dalam sejarah perusahaan – total penjualan
naik hingga 500%, menjadikan Oriflame sebagai perusahaan dengan sistem
penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia. Tahun 1997 Oriflame
Eastern Europe S.A. dan Oriflame International S.A. melebur menjadi satu untuk
menggabungkan sumber daya masing-masing untuk menghadapi tantangan investasi di
tahun-tahun mendatang.
Bisnis Oriflame telah
berkembang dengan sukses di seluruh dunia. Sekarang, perusahaan telah
beroperasi di 5 benua dan lebih dari 60 negara - dari Peru hingga Vietnam, dari
Russia hingga Morocco. Expansi yang agresif dimulai pada awal tahun 90-an
membuat perusahaan berkembang delapan kali lipat hanya dalam sepuluh tahun.
Oriflame menawarkan
peluang bisnis terkemuka untuk orang-orang yang ingin mulai membuat uang sejak
hari pertama dan bekerja untuk memenuhi impian dan ambisi pribadi mereka
melalui konsep bisnis yang unik - Make Money Today and Fulfil Your Dreams
Tomorrow™.
Menghormati orang dan
alam mendasari prinsip operasional perusahaan dan tercermin dalam kebijakan
sosial dan lingkungan. Oriflame mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia
dan merupakan Co-founder World Childhood Foundation. Oriflame Cosmetics
terdaftar di Nasdaq OMX Nordic Exchange.
Fakta Singkat :
- Penjualan tahunan 1.5 Miliar Euro.
- Sekitar 3.600.000 Consultant.
- 7900 karyawan.
- Sekitar 1000 jenis produk.
- Co-founder World Childhood Foundation.
- Global R & D Center dengan lebih dari 100 ilmuwan.
- 5 unit produksi sendiri di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India.
- Terdaftar di Nasdaq OMX Bursa sejak Maret 2004.
- Produk berdasarkan bahan-bahan alami, tidak pernah diuji pada hewan.
- Operasi di lebih dari 60 negara yang mana 13 diantaranya adalah franchise.
Oriflame adalah MLM yg berbeda
Memiliki jenjang karier yg unik yg tdk
dimiliki MLM lainnya.
Ini adalah jenjang karier di Oriflame.
Mulai dari level paling kecil sudah
mendapat penghargaan berupa pin. Semakin tinggi tingkatannya, semakin banyak
pula reward-nya
Oriflame menyiapkan cash award Rp 7jt
hingga Rp 7M. Sudah ada orang yang menerima award-award ini. Ribuan konsultan
di seluruh dunia.
Oriflame menyiapkan 5 buah mobil, Honda
CRV, BMW, Mercy, mulai dari level minimal Diamond Director.
Hanya Oriflame satu-satunya perusahaan
MLM yg berani memberikan mobil atas nama konsultannya & menjadi HAK MILIK.